KAMPANYE 5 PILAR STBM PESANTREN ISLAM AL IRSYAD TENGARAN 6 BONDOWOSO

Alhamdulillah pada tanggal 15 juni 2022 Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso berkolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Wonosari melakukan kegiatan Kampanye 5 Pilar STBM khusus untuk Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran 6 Bondowoso. Kegiatan ini diikuti oleh 7 orang ahli kesehatan yang dipimpin sendiri oleh bapak kepala puskesmas kecamatan wonosari dan juga santri Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran 6 Bondowoso.

Acara pertama pembukaan oleh Mudir Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran 6 Bondowoso dan dilanjutkan oleh Kepala Mutawassithah. Selanjutnya pemaparan Tim Kesehatan Kabupaten Bondowoso mengenai (STBM) atau bisa di sebut Sanitasi. Banyak hal mengenai kesehatan yang harus santri pahami agar tidak mudah sakit karena tidak bisa menjaga kesehatan. Selanjutnya tim kesehatan meninjau lokasi pesantren yang rawan ditempati penyakit.

Tujuan kegiatan ini adalah melindungi kesehatan santri dengan menyediakan lingkungan yang bersih yang akan menghentikan penularan penyakit, terutama melalui jalur fekal–oral. Diare, sebagai salah satu penyebab utama malnutrisi dan hambatan pertumbuhan pada santri, dapat dikurangi melalui sanitasi yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.